Past, Present, and Future of User Interface Software
Tools
Pendahuluan
l Semua software aplikasi yang sekarang ada merupakan hasil
penelitian yang dilakukan pada tahun 1970-1990-an
l Hampir semua aplikasi yang ada di Windows, UNIX, atau Macintosh
umumnya menggunakan 1 set bahan yang ditemukan sedikitnya 15 tahun yang lalu,
mis: layar monitor, keyboard, dan mouse, Window managers, GUI, dll
l Penggunaan bahan ini supaya tercapai suatu kestabilan,
maksudnya:
l Kestabilan bagi user: berguna untuk mengembangkan skill-nya di
bidang komputer
l Kestabilan bagi pengembang peralatan atau software: berguna
untuk menyempurnakan konsep pengembangan peralatan dan software
Historical Perspective
l Tema-tema dalam evaluasi peralatan
l Bagian-bagian dari antar muka user yang dituju: bahwa
peralatan yang dianggap membantu yaitu pada saat mereka dibutuhkan
l Threshold and ceiling. “Threshold” adalah tingkat
kesulitan dalam menggunakan suatu sistem. “Ceiling” adalah berapa banyak yang
dapat dilakukan oleh sistem tersebut. Tujuan pembuatan sistem adalah pada saat
yang bersamaan sistem tersebut memberikan threshold yang rendah dan ceiling
yang tinggi
l Peralatan yang memberikan resistensi rendah
l Kemampuan peralatan yang memberikan prediksi tentang
kemampuannya kepada programer
l Peralatan yang dapat membantu dengan mudah pembuatan software
suatu tugas
Historical Perspective (lanj.)
l Peralatan yang digunakan untuk pembuatan IMK
l Windows managers and toolkits: memberikan sebuah model
dasar pemrograman yaitu imaging model dan input model
l Event languages: penggunaannya dianggap sukses karena
dapat secara langsung memanipulasi graphical user interface. Contohnya
mis: Apple’s HyperCard, Microsoft’s Visual Basic, the Lingo scripting language
dalam Macromedia’s Director
l Interactive graphical tools: biasanya menggunakan mouse
untuk membuat interface. Mis: Visual Basic, Visual C++, NeXT Interface
Builder, Trillium dari Xerox PARC, dan MenuLay dari University of Toronto
l Component systems: setiap komponen dikontrol menggunakan
kotak segi empat pada layar, dan komponen lainnya kemudian dimasukkan
berikutnya, mis: untuk membuat ‘garis’ maka dapat menggunakan komponen
‘drawing’ yang ada di windows
l Scripting languages: mis: bahasa C dan C++
l Hypertext: digunakan untuk pembuatan web site, mis: HTML,
XML
l Object-oriented programming: mis: Visual Basic, Visual
FoxPro,dll
Future Prospects and Visions
l Komputer akan menjadi komoditas
l Disebabkan oleh kemampuan komputer yang sangat cepat mengikuti
hukum Moore
l Ubiquitous computing
l Yaitu penggunaan komputer akan melekat dalam bermacam jenis
peralatan yang berbeda dalam berbagai skala yang berbeda, mis: HP, PDA,
Notebook, sound systems, dll
l Kapabilitas input dan output yang berbeda-beda
l Mis: jumlah pixel yang semakin banyak, resolusi semakin tinggi,
penggunaan touch-sensitive screen yang semakin umum, perubahan dari
penggunaan mouse ke stylus
l Hardware untuk mempercepat pembuatan peralatan, dan bukan hanya
dari software saja, mis: jaman sekarang ini untuk membuat sebuah prototipe
produk maka dapat dipercepat dengan menggunakan software AutoCAD, namun untuk
mendatang tidak hanya software saja namun juga dapat menggunakan hardware
l Peralatan untuk melakukan koordinasi berbagai macam peralatan
komunikasi
l Fungsi komputer akan berubah menjadi alat komunikasi, mis: akses
internet, HP, PDA,dll
Future Prospects and Visions (lanj.)
l Antar muka pengguna berbasis pengenalan (recognition-based
user interfaces)
l Perubahan penggunaan dari keyboard dan mouse menuju gerakan
isyarat, handwriting, dan speech input and output
l Penggunaan teknologi 3 dimensi
l Teknologi 2 dimensi akan diganti dengan 3 dimensi
l End-user programming, customization, and scripting
l Disebabkan oleh karena setiap orang memiliki keinginan yang
berbeda satu dengan lainnya, sehingga mereka ingin memiliki software yang
berbeda sesuai dengan seleranya sendiri, dan pembuatan program yang semakin
mudah sehingga mereka dapat membuat sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar