PERANCANGAN
TAMPILAN
Salah satu kriteria penting dari sebuah antarmuka adalah tampilan
yang
menarik yang harus dimiliki oleh perancang tampilan :
– Jiwa seni yang memadai
– Mengetahui selera user secara umum
Seorang perancang tampilan HARUS mendokumentasikan semua
pekerjaan yang telah dia kerjakan selama ini, sebagai bahan
evaluasi
pembuatan tampilan yang baru atau memperbaiki tampilan sebelumnya
PROGRAM YANG DIBUAT
BUKAN UNTUK ANDA, NAMUN UNTUK ORANG LAIN
JENIS PROGRAM APLIKASI
Special Purpose Software
Yaitu
program aplikasi untuk keperluan khusus dengan user yang khusus pula, Kelompok
user dapat dengan mudah diperkirakan, baik dari segi keahlian maupun ragam
antarmuka yang akan digunakan. Mis: program inventori gudang, pengelolaan
data akademis mahasiswa, pelayanan reservasi hotel
Pendekatan yang digunakan:
– User-centered design approach: perancang dan user
bersama-sama membuat tampilan antarmuka
– User design approach:
hanya user yang membuat tampilan antarmuka
General Purpose Software
Yaitu
program aplikasi yang akan digunakan oleh berbagai macam kalangan
user. Perancang dapat melakukan ‘pemaksaan’ kepada user untuk menerima
tampilan antarmukanya, walaupun dapat memberikan dampak program tersebut tidak
laku. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah user dapat melakukan
perubahan tampilan sesuai dengan keinginannya sendiri (customization),
mis: merubah warna dasar, pengaturan desktop, wallpaper, screensaver, dll
Perancangan Tampilan Berbasis Grafis
• Ilusi pada obyek-obyek yang
dapat dimanipulasi, mis: gambar disket, printer, dll
• Urutan
visual dan fokus pengguna, mis: tanda kedip untuk posisi kursor,
penggunaan warna yang berbeda
• Struktur internal; berguna untuk
menunjukkan bahwa obyek yang sedang dihadapi dapat dimodifikasi sesuai dengan
keinginan user
• Kosakata
grafis yang konsisten dan sesuai, mis: gambar disket, printer, dll
• Kesesuaian dengan
media/informasi yang akan disampaikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar